Kontributor

Total Tayangan Halaman

Kamis, 07 Juli 2011

DUABELAS KEBUTUHAN PRIMER CINTA




Pria dan wanita biasanya tidak menyadari mereka memiliki kebutuhan emosional yang berlainan. Akibatnya, mereka tidak tahu bagaimana harus saling bersikap suportif. Seorang pria biasanya memberikan apa yang diinginkan kaum pria, sementara seorang wanita memberikan apa yang menjadi keinginan kaum wanita. Masing-masing secara keliru menganggap pasangannya memiliki kebutuhan dan keinginan yang sama dengan dirinya.

Wanita Butuh Perhatian-Pria Butuh Kepercayaan
Ketika Pria tertarik pada perasaan wanita dan peduli terhadap kebutuhannya, wanita akan merasa dicintai dan diperhatikan. Ketika pria membuat wanita merasa istimewa dengan perhatian-perhatiannya, ia berhasil memenuhi kebutuhan primer wanita yang pertama. Tentu saja sesudah itu wanita akan lebih mempercayai pria dan menjadi semakin terbuka dan reseptif.
Mempercayai pria berarti meyakini bahwa ia melakukan yang terbaik dan pria menginginkan yang terbaik untuk pasangannya. Ketika wanita bereaksi dan menunjukkan keyakinan positif atas kemampuan dan maksud pria, kebutuhan primer pria yang pertama pun terpenuhi. Secara otomatis pria akan lebih perhatian dan atentif terhadap perasaan dan kebutuhan-kebutuhan wanita.

Wanita Butuh Pengertian-Pria Butuh Penerimaan
Ketika pria mendengarkan tanpa menghakimi namun dengan empati terhadap perasaan wanita, wanita akan merasa didengar dan dimengerti. Semakin kebutuhan untuk didengar dan dimengerti itu terpenuhi, semakin mudah bagi wanita untuk menerima keberadaan pria.
Ketika wanita menerima seorang pria dengan penuh cinta tanpa berusaha untuk mengubahnya, pria akan merasa diterima. Ketika seorang pria merasa diterima, ia akan menjadi lebih mudah mendengarkan dan memberinya pengertian yang dibutuhkan oleh wanita.

Wanita Butuh Dihormati-Pria Butuh Penghargaan
Ketika pria memperlakukan wanita dengan cara mengakui hak, harapan dan kebutuhannya, wanita akan merasa dihormati. Ekspresi fisik yang konkret terhadap rasa hormat itu, seperti mengirim bunga dan mengingat tanggal hari jadi, sangat penting untuk memenuhi kebutuhan primer yang ketiga. Ketika wanita merasa dihormati. Lebih mudah baginya untuk memberikan penghargaan yang dibutuhkan pria.
Ketika wanita mengakui bahwa ia telah mendapat keuntungan dari upaya dan tindakan yang dilakukan pria, pria akan merasa dihargai, ia tahu segala upayanya tidak sia-sia dan ia akan terdorong untuk memberi lebih banyak lagi. Ketika pria diapresiasi, ia akan lebih menghormati pasangannya.

Wanita Butuh Kesetiaan- Pria Butuh Kekaguman

Ketika pria mendahulukan kebutuhan wanita dan dengan bangga berkomitmen untuk mendukung dan memenuhi kebutuhannya, kebutuhan primer wanita akan terpenuhi. Wanita akan bahagia jika merasa dicintai. Ketika wanita merasa bahwa ia adalah nomor satu dalam hidup pria, maka, dengan mudah, ia akan mengaguminya.
Sama seperti wanita membutuhkan kesetiaan pria, pria juga memiliki kebutuhan primer untuk dikagumi wanita. Kalau pria merasa dikagumi, ia merasa cukup aman untuk memberikan kesetiannya pada wanita dan mencintainya.

Wanita Butuh Pembenaran-Pria Butuh Pengakuan
Ketika pria tidak keberatan dengan apa yang dirasakan wanita dan tidak menyalahkannya, wanita akan merasa sangat dicintai karena kebutuhan primernya yang kelima terpenuhi (Pria tetap bisa menghargai cara pandang wanita walau memiliki opini berbeda). Ketika pria mempelajari sikap ini, dapat dipastikan ia akan menerima pengakuan yang sangat dibutuhkannya.
Jauh di lubuk hatinya, pria ingin menjadi ksatria bagi wanita. Tanda bahwa pria telah lolos ujian adalah pengakuan dari wanita (mengakui bukan berarti setuju dengan pendapatnya). Sikap mengakui ini berarti memahami alasan baik dibalik apa yang dilakukan pria. Ketika pria menerima pengakuan yang diperlukannya, lebih mudah baginya untuk tidak menyalahkan perasaan wanita.

Wanita Butuh Jaminan-Pria Butuh Dorongan

Kalau pria sering kali menunjukkan bahwa ia peduli dan setia pada pasangannya, kebutuhan akan jaminan ini terpenuhi. Sikap ini memperlihatkan pada wanita bahwa ia selalu dicintai.
Untuk memenuhi kebutuhan primer wanita yang keenam, pria harus ingat bahwa ia harus selalu meyakinkan si wanita bahwa ia selalu dicintai.

-Pria seringkali membuat kesalahan karena berpikir bahwa kalau ia sudah memenuhi setiap kebutuhan cinta primer wanita, dan si wanita merasa bahagia dan aman, wanita itu harus tahu tanpa diingatkan lagi bahwa ia selalu dicintai-

@Disadur dari buku ”Truly Mars & Venus; strategi memahami pasangan anda”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar